Sabtu, 14 Juli 2012

Black, Miliarder AS Pembeli Lukisan 'The Scream' Rp1,13 T

New York (AFP/ANTARA) - Miliarder AS, Leon Black, adalah pembeli misteri yang memecahkan rekor 119,9 juta dolar Amerika (sekitar Rp1,13 triliun) dalam lelang ‘The Scream’ karya Edvard Munch pada Mei, Wall Street Journal melaporkan Rabu.

Lukisan, salah satu yang paling dikenal dalam sejarah dan satu-satunya lukisan yang dimiliki secara pribadi oleh Munch, dijual di Sotheby di New York dalam penjualan dramatis 12-menit – dengan pembeli tidak dikenal.

Wall Street Journal mengatakan dari "beberapa orang dekat" dengan Black bahwa kolektor seni terkenal tersebut telah membeli lukisan itu. Harga 119,9 juta dolar Amerika merupakan harga tertinggi yang pernah ada untuk sebuah karya seni dalam pelelangan publik.

Juru bicara Black menolak untuk mengonfirmasi atau menyangkal laporan itu, mengatakan kepada AFP pada Rabu: "Kami tidak akan mengomentari kabar di Wall Street Journal."

Leon Black, 60 tahun warga New York, adalah pendiri dan partner senior dari Apollo Global Management, sebuah investasi dana. Kekayaannya diperkirakan bernilai 3,4 miliar dolar Amerika (sekitar Rp32,16 triliun), menurut majalah Forbes.

Lukisan tahun 1895 adalah salah satu karya lukisan dari empat lukisan yang diciptakan Munch. Lukisan yang menyeramkan dengan warna yang berputar-putar melambangkan kecemasan eksistensial dan putus asa dari era modern.

Versi lain dari "The Scream" adalah milik National Gallery of Munch Norwegia, sedangkan dua sisanya adalah milik Munch Museum di Oslo.(ia/ml)

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates